3 Misteri Ritual di Indonesia

Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki beraneka ragam budaya dari dahulu hingga sekarang yang sangat dihormati oleh masyarakat. Ragam budaya di Indonesia selalu dilestarikan oleh masyarakat setempat. Bisa dibayangkan Indonesia memiliki 34 provinsi dan hampir di setiap provinsi memiliki budaya atau kebudayaan nya masing-masing.


Membicarakan mengenai budaya, ternyata di Indonesia terdapat ritual-ritual yang berkaitan atau yang memiliki unsur mistis. Apa saja ritual tersebut? Inilah yang akan dibahas, ritual-ritual mistis di Indonesia entah itu yang harus memakan k77orban atau pun tidak. Ritual-ritual mistis yang ada di Indonesia sebagai berikut.

1. Bara Suwen (Bambu Gila)

Ritual ini merupakan salah satu ritual di Indonesia yang berasal dari Maluku. Permainan ini atau ritual ini dilakukan oleh sekelompok orang dengan membawa bambu yang telah diberi mantra oleh seorang ketua adat atau kepala suku di Maluku. Jadi, sekelompok orang yang membawa bambu ini harus benar-benar membawa bambu dengan kuat.

Karena dipercaya bahwa kelompok ini memiliki kekuasaan setelah diberi mantra oleh kepala adat tersebut. Tetapi ritual ini bukan disebut ritual sebenarnya lebih tepatnya adalah atraksi dari masyarakat Maluku karena atraksi ini hanya dilakukan untuk pertunjukan dan tidak ada tujuan tertentu.

2. Ngayau

Ritual ini merupakan salah satu ritual di Indonesia yang berasal dari Kalimantan tepatnya di suku Dayak. Ritual ini dibawa dari suku Kenya ke Indonesia yang bertempat tinggal di Indonesia khususnya di Dayak. Ritual ini intinya ialah upacara dengan menggunakan kepala manusia yang dianggap musuh dengan suku tersebut.

3. Ritual Tiwah

Ritual ini merupakan salah satu ritual di Indonesia yang berasal dari Kalimantan tepatnya di suku Dayak. Ritual ini intinya ialah menguburkan kembali jazad yang telah dikebumikan sebelumnya yang kemudian digali kembali , dibersihkan dan dipindahkan ke dalam peti mati untuk diupacarakan atau pelaksanaan upacara tiwah tersebut dan memindahkannya ke Sandung (salah satu tempat yang dipercaya masyarakat sana untuk Ritual tersebut).

Ritual ini diadakan atau dianggap masyarakat Dayak untuk menghantarkan arah jenazah tersebut ketempat asal sebelum ia diturunkan ke bumi kepada dewa tertinggi kepercayaan masyarakat sana. Jadi intinya ritual ini adalah memuliakan arwah jenazah tersebut untuk dikembalikan kepada sang pemiliknya atau Tuhannya.

Ritual ini bagi suku Dayak dianggap salah satu ritual yang harus dilakukan saat salah satu keluarganya meninggal. Jadi, saat keluarganya yang ditinggal telah melaksanakan atau melakukan ritual tersebut maka keluarganya sudah dianggap selesai menjalankan kewajibannya terhadap orang
yang meninggal tersebut.

Itulah tiga ritual yang ada di Indonesia yang kental akan kemistisannya. Ritual memang saat ini jarang dilakukan di kota-kota besar namun ternyata ritual-ritual tersebut masih terkadang dilakukan oleh masyarakat pedalaman khususnya masyarakat yang masih kental akan adat istiadat dan memiliki raja atau ketua suku.

0 Response to "3 Misteri Ritual di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel